Neuron ( Sel Saraf )


Sel saraf atau neuron berfungsi mengirimkan pesan (impuls) yang berupa rangsang atau tanggapan. Jutaan sel saraf ini membentuk suatu sistem saraf.Setiap neuron terdiri dari satu badan sel yang di dalamnya terdapat sitoplasma dan inti sel. Dari badan sel keluar dua macam serabut saraf, yaitu Dendrite dan Axson (neurit).

Dendrite berfungsi mengirimkan impuls ke badan sel saraf, sedangkan Axson berfungsi mengirimkan impuls dari badan sel ke jaringan lain. Axson biasanya sangat panjang. Sebaliknya, Dendrite lebih pendek.

Setiap neuron hanya mempunyai satu Axson dan minimal satu Dendrite. Kedua serabut saraf ini berisi plasma sel. Pada bagian luar Axson terdapat lapisan lemak disebut Myelin yang merupakan kumpulan Sel Schwann yang menempel pada Axson. Sel Schwann adalah sel glia yang membentuk selubung lemak di seluruh serabut saraf Myelin. Membran plasma Sel Schwann disebut neurilemma. Fungsi Myelin adalah melindungi Axson dan memberi nutrisi. Bagian dari Axson yang tidak terbungkus Myelin disebut Node of Ranvier, yang berfungsi mempercepat penghantaran impuls.

* Referensi dari Wikipedia